Selasa, 19 Juli 2011

LAPORAN PPL MTs Arifin Billah Karangsari Weru Kab.Cirebon


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) II, bagi mahasiswa Jurusan Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Cirebon, merupakan salah satu usaha mempersiapkan mahasiswa calon guru dalam menghadapi tugas profesinya kelak. Praktek mengajar walaupun intinya adalah mengajar, namun sesungguhnya merupakan bagian dari kurikulum IAIN Cirebon.
Dalam PPL inilah, para calon guru merasakan betapa banyak masalah yang harus dihadapi. Untuk menghadapi masalah tersebut, diperlukan integrasi antara ilmu yang dikuasai dengan pengalaman real di lapangan. Melalui PPL II, mereka dapat menghayati luasnya tugas yang mereka emban kelak, bagaimana implementasi ilmunya dalam situasi di sekolah yang dihadapi.
Dalam PPL inilah, para calon guru dilatih untuk menunjukan aktifitasnya dalam pengelolaan kelas, dengan guru pamong, dosen pembimbing dan kepala sekolah, Perpaduan antara ilmu, penghayatan dan pengalaman menjadi bekal yang sangat berguna untuk memberikan kompetensi dan profesionalisme seorang guru. Pengalaman yang diperoleh dari PPL II akan menjadi ukuran bagi profesinya yang berkesan sangat dalam. Pandangan tentang jabatan guru, perhitungan tentang kelas sukses atau tidaknya kelak menjadi guru, juga dipengaruhi pengalaman-pengalaman yang diperoleh terutama dari PPL II ini. Karena keadaan yang demikian itulah, para calon guru harus berlatih bekerja sebaik mungkin. Kesungguhan juga kesabaran setia kecintaan terhadap profesi guru dapat dipupuk melalui PPL II ini.
PPL II adalah salah satu kegiatan intrakurikuler yang dilaksanakan oleh mahasiswa, yang mencakup latihan mengajar, dan tugas-tugas kependidikan di luar mengajar serta bimbingan dan terpadu untuk memenuhi persyaratan pembentukan profesi kependidikan.
Dalam kurikulum dan silabus Jurusan Tarbiyah, disebutkan bahwa tujuan pembelajaran umum (TPU) PPL II adalah memberikan landasan pengetahuan, sikap, dan keterampilan dalam penyelenggaraan proses di sekolah.
Sedangkan Tujuan Pembelajaran Khusus (TPK) PPL II:
1.     Mahasiswa dapat melaksanakan fungsi sebagai penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran sekolah.
2.     Mahasiswa dapat melaksanakan tugasnya sebagai penyelenggaraan proses belajar mengajar di sekolah.
Secara singkat dapat dikemukakan bahwa TPK PPL II bermaksud memberikan pengenalan, penghayatan dan pengalaman sebagai penyelenggara atau pengelola pendidikan dan sebagai guru atau tenaga pendidik.

B.    Rumusan Masalah
Bertitik tolak dari latar belakang di atas, timbul beberapa permasalahan sebagai berikut:
1)    Bagaimana deskripsi dari keadaan lingkungan, personalia, kurikulum dan PBM, serta hal-hal lain yang terkait dengan MTs Arifin Billah Karangsari Weru.
2)    Apakah rumusan tujuan dan kegiatan Mahasiswa PPL II di MTs Arifin Billah Karangsari Weru.

C.    Langkah-langkah yang Ditempuh
1.    Sumber Data
Data yang penyusun ambil dalam penyusunan laporan ini berdasarkan data sebagai berikut:
a.      Sumber Data Primer, yaitu data yang diperoleh dari buku perpustakaan dan buku lainnya yang berhubungan dengan PPL ini.
b.     Sumber Data Sekunder, yaitu sumber data yang diperoleh dari responden yang benar-benar   mengetahui   masalah   PPL   II,   yaitu   kepala   sekolah, dosen pembimbing, guru pamong dan karyawan-karyawan MTs Arifin Billah Karangsari Weru.
2.     Teknik Pengumpulan Data
a.       Studi kepustakaan, yaitu pengumpulan data yang sifatnya teoritis yang diambil dari buku-buku atau dokumen yang berhubungan dengan PPL II ini.
b.      Observasi, yaitu pengalaman secara langsung terhadap gejala-gejala yang ada di lokasi PPL II dengan menggunakan observasi yang telah ditentukan.
c.       Wawancara, yaitu bertanya secara langsung kepada pihak-pihak yang mengetahui data yang dibutuhkan.
3.    Teknik Deskripsi dan Analisis Data
a.       Teknik Deskripsi
Teknik deskripsi dipergunakan untuk memperoleh data tentang kebenaran MTs Arifin Billah Karangsari Weru meliputi: lingkungan sekolah, personalia sekolah, kurikulum dan KBM, kegiatan   ekstrakurikuler, sarana administrasi, BP, dewan sekolah, perpustakaan dan kesejahteraan pegawai.
b.      Teknik Analisis Data
Dalam menganalisis data, penyusun menggunakan analisa logika, yang dipergunakan untuk mengolah data yang sifatnya kuantitatif, yaitu dalam bentuk uraian yang sistematis.









BAB II

DESKRIPSI HASIL OBSERVASI


A.     IDENTITAS SEKOLAH
1.      Nama Sekolah                          : MTs. Arifin Billah
2.      Alamat Sekolah                        :
a.       Jalan                                   : Pontren Mukasyafah Arifin Billah 663
b.      Desa                                  : Karangsari
c.       Kecamatan                         : Weru
d.      Kabupaten                         : Cirebon
e.       Propinsi                              : Jawa Barat
f.        Nomor Telepon                  : -
g.       Kode Pos                           : 45154
h.       Status Sekolah                    : Swasta
i.         Jenjang Akreditasi              : C (cukup)

3.      NSM                                       : 21.2.32.11.13.043
4.      Tahun Berdiri                            : 1991
5.      Nama Kepala Sekolah              : M. Syahri Arif, S.Ag
6.      SK Kepala Se                          :
a.       Nomor                               : Wi / 1/ Kp.07.6 / 1613 / 2001
b.      Tanggal                              : 27 Juni 2001
7.      Penyelenggara                          : Yayasan
8.      Status Tanah                             : Milik Yayasan
9.      Luas Tanah                               : 1395 m2
10.  Rekening Bank             : BANK JABAR
  An. MTs. Arifin Billah
  Nomor Rek. 0001486136100



B.     VISI, MISI DAN TUJUAN SEKOLAH
1.      VISI
Terwujudnya Madrasah yang berkualitas Islami.
2.      MISI
a.       Tercapainya nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) bagi semua mata pelajaran.
b.      Mewujudkan prestasi siswa di bidang akademik dan non akademik.
c.       Tercapainya kemampuan peserta didik dalam berbahasa Arab dan bahasa Inggris secara pasif.
d.      Terciptanya disiplin dan situasi kondusif di lingkungan madrasah.
e.       Memberikan pelayanan prima kepada peserta didik dan masyarakat.
f.        Meningkatkan kesejahteraan guru dan staf TU di lingkungan madrasah
3.      STRATEGI
a.       Memenuhi kebutuhan minimal sarana dan prasarana belajar Madrasah.
b.      Meningkatkan kerjasama dengan masyarakat
c.       Peningkatan mutu dan kesejahteraan personil madrasah.
4.      TUJUAN
Meningkatkan Kualitas Dalam Pembelajaran.

C.     DATA GURU DAN SISWA
1.      Jumlah Guru Pada Tahun Pelajaran 2010 / 2011
a.       Guru Tetap Negeri ( GTN )            :   1  Orang
b.      Guru BGK / GBS                           :   1  Orang
c.       Guru Tetap Yayasan ( GTY )          :   5  Orang
d.      Guru Tidak Tetap ( GTT )  : 12  Orang
e.       Pegawai Tetap Yayasan ( PTY )     :   1  Orang








DATA GURU MTs. ARIFIN BILLAH
TAHUN PELAJARAN 2010/2011


NO


NAMA


NIP
L/P
PANGKAT
TEMPAT/TANGGAL LAHIR
PENDIDIKAN TERAKHIR
SERTIFIKASI
KET.
GOL. RUANG
TMT
PERGURUAN TINGGI
LULUS TAHUN
TINGKAT IJAZAH
LULUS/BELUM
TANGGAL LULUS

1
M. Syahri Arif, S. Ag
195607121992031001
L
IV/A
20 Juli 1998
Indramayu,
12 Juli 1956
STAI CIREBON
1995
S1
LULUS
25 September 2007

2
Yoyo, S. Pd

L

17 Juli 1994
Cirebon,
12 Nopember 1970
UT UPBJJ BANDUNG
2008
S1



3
Amir Imron

L

17 Juli 1991
Cirebon,
05 Juni 1968
SMA PGRI PLUMBON
1988
SMA



4
Nono Suyono

L

17 Juli 1991
Cirebon,
18 April 1969
SMAN SUMBER

1988
SMA



5
Tarinah

P

12 Agustus 1996
Indramayu,
04 September 1972
MA FATAHILLAH
1993
MA



6
Rohayati

P

10 Oktober 1995
Cirebon,
02 Agustus 1972
UNSWAGATI
1996
S1
LULUS
5 Desember 2008

7
Yomiati, S. Pd

P

19 Juli 1995
Cirebon,
13 September 1973
UNSWAGATI
2001
S1



8
Afidin, S. Pd. I

L

16 Juli 2001
Brebes,
20 Nopember 1975
STAIN CIREBON
2003
S1



9
Cimi, Se

P

21 Juli 2003
Cirebon,
20 Oktober 1981
UNIVERSITAS GUNADHARMA
2003
S1



10
Yayah Maghfiroh, S. Pd. I

P

22 Juli 2003
Cirebon,
21 April 1980
UNITAS
2004
S1



11
Lika Permata R, S. Pd

P

23 Juli 2003
Majalengka,
09 September 1983
UNSWAGATI
2006
S1



12
Fadhilah, S. Pd. I

P

24 Juli 2003
Cirebon,
25 Desember 1980
STAIN CIREBON
2005
S1



13
Imam Zamakh S, S. Pd. I

L

25 Juli 2003
Cirebon,
31 Agustus 1982
STAIN CIREBON
2007
S1



14
Ade Rosa Ginanjar

L

01 Maret 2005
Bandung,
17 Mei 1984
SMK ISLAMIYAH WERU
2002
SMK



15
Helmi, S. Pd. I

L

16 Juli 2007
Cirebon,
21 Desember 1985
STAIN CIREBON

2008
S1



16
Drs. Agus Bayrawan MY.

L

16 Juli 2007
OKU,
29 Agustus 1967
IAIT TRIBAKTI
1992
S1



17
Siti Qori’ah, S. Pd. I

P

14 Juli 2008
Cirebon,
07 Maret 1984
STAIN CIREBON
2008
S1



18
Tajudin, S. Pd. I

L

13 Juli 2009
Cirebon,
01 Nopember 1978
UNISSULA
2003
S1



19
Supriyanto, S. Pd

L

13 Juli 2009
Cirebon,
29 Agustus 1980
UNIVERSITAS WIRALODRA
2006
S1



20
Drs. Nurhasan

L

12 Juli 2010
Cirebon,
07 Agustus 1997
IAIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG
1997
S1



21
Dina Kadina

L

12 Juli 2010
Cirebon,
15 Juni 1980
SMA ISLAMIYAH WERU
1999
SMA








2.      Jumlah Siswa Pada Tahun Pelajaran 2010 / 2011
Kelas
Laki - laki
Perempuan
Jumlah Siswa
Jumlah Rombel
VII
27
39
66
2
VIII
36
35
71
2
IX
31
28
59
2
JUMLAH
94
102
196
6

D.    DATA FASILITAS SEKOLAH
NO
JENIS RUANGAN
JUMLAH RUANG
KONDISI
1.
Ruang Kelas
4
Baik/ Kurang memadai/ Tidak ada *)
2.
Ruang Kelas
2
Baik/ Kurang memadai/ Tidak ada *)
3.
Ruang Kepala
1
Baik/ Kurang memadai/ Tidak ada *)
4.
Ruang Guru
1
Baik/ Kurang memadai/ Tidak ada *)
5.
Ruang Perpustakaan
1
Baik/ Kurang memadai/ Tidak ada *)
6.
Ruang Tata Usaha
1
Baik/ Kurang memadai/ Tidak ada *)
7.
Ruang Laboratorium
1
Baik/ Kurang memadai/ Tidak ada *)
8.
Ruang BP
1
Baik/ Kurang memadai/ Tidak ada *)
9.
Masjid/ Musholah
1
Baik/ Kurang memadai/ Tidak ada *)
10.
Gudang
0
Baik/ Kurang memadai/ Tidak ada *)
11.
Ruang OSIS
1
Baik/ Kurang memadai/ Tidak ada *)
12.
Ruang PMR
1
Baik/ Kurang memadai/ Tidak ada *)

 









E.                                                                              STRUKTUR ORGANISASI

MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) ARIFIN BILLAH

TAHUN PELAJARAN 2010/2011
 

















F.      LINGKUNGAN SEKOLAH
1.      Identitas Sekolah/ Madrasah                      
a.        Nama Sekolah/ Madrasah                    : MTs. ARIFIN BILLAH
b.       NSS/ NSM                                          : 21.2.32.11.13.043
c.        Jenjang Akreditasi                                : Terakreditasi  C  (Cukup)
d.       Tahun didirikan                                     : 1991
e.        Alamat Sekolah/ Madrasah                   :
1)      Jalan                                               : Ponpes Mukasyafah Arifin Billah        663
2)      Desa                                              : Karangsari
3)      Kecamatan                                     : Weru
4)      Kabupaten                                     : Cirebon
f.         Status Sekolah/ Madrasah                    : Negeri / Swasta
g.        Waktu Belajar                                     
1)      Masuk                                            : Jam 06.45 WIB
2)      Keluar                                            : Jam 12.40 WIB
3)      Istirahat                                          : Jam 09.40 – 10.00 WIB
2.      Keadaan Bangunan  dan Ruangan              
a.        Bangunan Gedung                               
1)      Keadaan Bangunan                         : Permanen/ Semi Permanen/ Darurat
2)      Lokasi                                            : Strategis/ Tidak Strategis/ Ramai/       Tenang
3)      Pemeliharaan                                  : Baik/ Sedang/ Kurang
b.       Keadaan Ruangan                               
1)      Belajar                                           :               6         Buah
2)      Kantor                                           :               2         Buah
3)      Perpustakaan                                  :               1         Buah
4)      Laboratorium                                  :               1         Buah
5)      Olah Raga                                      :               1         Buah
6)      Kesenian                                        :               1         Buah
7)      Gudang                                          :                -         Buah
8)      Kantin                                            :               1         Buah
9)      Uranoir                                           :               2         Buah
10)  Penjaga                                          :               1         Buah
11)  Lain-lain                                         :                -         Buah
c.        Keadaan Lapangan
1)      Upacara                                         :               1         Buah
2)      Olah Raga                                      :               1         Buah
3)      Bermain                                          :               2         Buah


3.      Kelengkapan Ruangan
Jenis Ruangan
Meja/ Kursi
Daftar
Statis
Grafik
Diagram
Lain-lain
Kep.Sek/ Mad
Kantor
Guru
Kelas
Ruangan Lain-lain
V
V
V
V
-
V
V
V
V
-
V
V
V
-
-
V
V
V
-
-
V
V
V
-
-


G.    PERSONALIA SEKOLAH
1.      Nama Kepala Sekolah/ Madrasah                    : M. SYAHRI ARIF, S.Ag
2.      Nama Wakil Kepala Sekolah/ Madrasah          : YOYO, A.Md
3.      Keadaan Guru
a.       Jumlah Guru                                               : 19 orang (       L +       P)
1)      Pendidikan                                           : 19 orang (       L +       P)
2)      Sarjana (S1)                                         : 19 orang (       L +       P)
3)      Diploma (D2)                                       : 19 orang (       L +       P)
4)      SPG                                                     : 19 orang (       L +       P)
5)      SLTA                                                   : 19 orang (       L +       P)
6)      SLTP                                                   : 19 orang (       L +       P)
4.      Keadaan Pegawai                                             :
a.       Pegawai Administrasi                                  : 19 orang (       L +       P)
b.      Pesuruh                                                      : 19 orang (       L +       P)
c.       Penjaga Sekolah                                         : 19 orang (       L +       P)
Jumlah                                                        : 19 orang (       L +       P)
d.      Pendidikan Tertinggi                                   : 19 orang (       L +       P)
e.       Pendidikan Terendah                                  : 19 orang (       L +       P)


5.      Keadaan Murid
Kelas I                                                             : 110 siswa (L : 52, P : 58)
Kelas II                                                             : 64 siswa (L : 22, P : 25)
Kelas III                                                            : 64 siswa (L : 29, P : 25)
Jumlah                                                               : 287siswa (L: 169, P: 118)
H.    KURIKULUM DAN KBM
1.      Kurikulum yang digunakan : Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) 2004
2.      Buku pegangan murid           : Buku Paket Penerbit Erlangga          
Jenis Bidang Studi
Penerbit/ Pengarang
a.       Qur’an Hadits
b.      Fiqih
c.       Aqidah Akhlaq
d.      Sejarah Kebudayaan Islam
e.       Bahasa Arab
f.        Pendidikan Kewarganegaraan
g.       Bahasa dan Sastra Indonesia
h.       Bahasa Inggris
i.         Matematika
j.        IPA Fisika
k.      IPA Kimia
l.         IPA Biologi
m.     IPS Geografi
n.       IPS Ekonomi
o.      IPS Sejarah
p.      Seni dan Budaya
q.      Penjaskes
r.        Teknologi Informasi dan Komunikasi
s.       Mulok Praktek Ibadah


  1. Buku Pegangan Guru                                        : Sama dengan buku siswa
  2. Alat peraga atau alat komunikasi yang ada
a.       Agama                                                       : Mushaf Al Qur’an, Tafsir
                                                                             Alqur’an dan Musholla
b.      Olah raga                                                   : Bola Sepak, Raket dan lain-lain
c.       Bahasa                                                       : Kamus Besar Bahasa Indonesia
d.      Matematika                                                : Bangun Datar
e.       IPA                                                            : Patung
f.        IPS                                                            : Globe dan Peta
  1. Struktur Program Kurikulum PAI, PBA, IPS, IPA-BIO, PBI, dan PMTK
a.       Lama
Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) 2004
b.       Baru
KTSP 2006

I.       SARANA ADMINISTRASI PENDIDIKAN
Sarana pendidikan adalah sarana administrasi yang bisa terdapat pada suatu lembaga / sekolah. Adapun sarana yang terdapat pada sekolah tersebut antara lain:
Sarana Administrasi
No
Jenis Kelengkapan Sarana
Ada / Tidak
Ket.
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
11.
12.
13.
14.
15.
16.
17.
18.
19.
20.
Tata Tertib Sekolah
Daftar Statistik Guru/Pegawai
Daftar Statistik Murid
Buku Induk
Buku Rapor Murid
Daftar Catatan Pribadi Murid
Buku Persiapan Mengajar
Buku Harian Kelas
Buku Harian Sekolah
Kartu Penerimaan SPP
Buku Penerimaan SPP
Buku Kas Sekolah
Daftar Prosensi Murid
Daftar Prosensi Guru/Pegawai
Buku Agenda
Buku Ekspedisi
Buku Klaper
Buku Notulen Rapat
Buku Tamu
Lain-lain
Ada
Ada
Ada
Ada
Ada
Ada
Ada
Ada
Ada
Ada
Ada
Ada
Ada
Ada
Ada
Ada
Ada
Ada
Ada
Ada


J.      BENTUK – BENTUK KEGIATAN EKSTRAKURIKULER
  1. Keagamaan
    1. Ceramah keagamaan
    2. Pengajian Al Qur’an
    3. Pesantren Kilat Setiap Ramadhan
  2. Pramuka
    1. Latihan setiap hari Jum’at
    2. Perkemahan Jambore
  3. OSIS
    1. Upacara Senin
    2. Orientasi Siswa Baru
  4. Peringatan Hari Besar Islam / Peringatan Hari Besar Nasional
    1. Maulid Nabi
    2. Isra Mi’raj
    3. Hari Kemerdekaan Republik Indonesia
  5. PMR
    1. Latihan Setiap Hari Jum’at
    2. Pengenalan Lingkungan Kesehatan di sekitar sekolah
    3. Piket Medis
  6. Paskibra
    1. Latihan setiap hari Jum’at
    2. Pengibaran Bendera tiap senin
  7. Drum Band
    1. Latihan setiap hari Sabtu dan Minggu

K.    BIMBINGAN DAN PENYULUHAN
Struktur dan Penyuluhan:
Ada tiap kelas
Tugas dan Fungsi:
1.    Membantu siswa untuk mengembangkan pemahaman diri dengan kecakapan, minat, pribadi, hasill belajar dan kesempatan yang ada.
2.    Membantu siswa untuk mengembangkan motif – motif intrinsik dalam belajar sehingga tercapai kemajuan belajar.
3.    Memberikan dorongan didalam pengarahan diri, pemecahan masalah, pengambilan keputusan dan keterlibatan diri dalam proses kegiatan pendidikan.
4.    Membantu dalam membina hubungan baik antara siswa, orang tua, masyarakat, dan sekolah.
5.    Membantu orang tua dalam memperoleh pengertian tentang masalah anak – anak mereka serta bantuan yang dapat diberikan.
Kegiatan:
1.    Menyiapkan administrasi BP, data pribadi siswa dan orang tua, panggilan orang tua siswa, pedoman wawancara penyuluhan, home visit, sosiometri, grafik prestasi kelas, buku tamu, buku kunjungan tamu.
2.  Mengumpulkan data siswa
3.  Melaksanakan panggilan orang tua siswa
4.  Melaksanakan kunjungan kelas
5.  Konsultasi dengan ketua rumpun dan wali kelas
6.  Membantu penerimaan siswa baru
7.  Melaksanakan bimbingan kelompok dan penyuluhan
8.  Melaksanakan home visit
9.  Melakukan panggilan siswa
10.  Membuat laporan kegiatan BP

Masalah dan Kendala
1.        Siswa masih enggan berkonsultasi dengan guru BP, karena masih ada anggapan salah mengenai BP, yaitu bahwa identik dengan hukuman.
2.        Masih belum ada kejujuran dari siswa untuk mengemukakan permasalahan secara menyeluruh.

L.     BP - 3
Struktur Organisasi dan Personalia







PENASEHAT
 





 






Tugas dan Fungsi
1.  Membantu penyelenggaraan proses pendidikan
2.  Mengatur kuangan BP – 3
3.  Mengatur sirkulasi BP – 3
4.  Mengatur sirkulasi keuangan sekolah



Kegiatan
1.  Mengadakan rapat untuk menentukan dana sumbangan pendidikan siswa baru
2.  Mengadakan rapat dengan orang tua siswa mengenai keuangan sekolah (SPP)
3.  Mengadakan koordinasi antara kepala sekolah dengan orang tua siswa
4.  Menyelesaikan administrasi BP – 3
5.  Menerima dan menyimpan uang BP – 3

Masalah dan Kendala
1.  Masih ada siswa yang terlambat membayar SPP
2.  Sering ada atau terjadi pengeluaran yang tidak sesuai dengan anggaran



















BAB III
PELAKSANAAN TUGAS PRAKTEK KEPENDIDIKAN

A.         Praktek Mengajar
1.        Tujuan
Supaya para praktikan memperoleh pengalaman dan kompetensi mengajar secara langsung dari kegiatan mengajar serta untuk membina berbagai pengalaman dan pengembangan teori-teori yang telah didapatkan dari kegiatan perkuliahan dan mengaplikasikannya dalam kegiatan belajar mengajar.
2.       Jenis dan Urutan Kegiatan
a.    Membuat jadwal praktek yang ditentukan pada awal masa praktek berdasarkan konsultasi praktikan dengan guru pamong dan dosen pembimbing
b.    Membuat   persiapan   dan   mengadakan   persiapan   mental   setiap  kali akan melaksanakan praktek
c.    Mengadakan presensi siswa
d.    Membuat dan menggunakan alat peraga
e.    Menggunakan strategi / metode pengajaran yang tepat
f.      Mengadakan evaluasi terhadap kegiatan dan hasil belajar
3.     Aspek-aspek yang Diperhatikan Dalam Kegiatan dan Hasil Belajar
a.    Mempelajari dan mengenal nama-nama siswa/i dikelas tempat mengajar
b.    Mengenal dan memperhatikan siswa yang menonjol dalam kelas
c.    Mengenal kondisi fisik siswa
d.    Mengenal interaksi sosial (suka menggangu, membantah, bertanya, dll)
e.    Mengetahui pencapaian hasil belajar siswa
4.     Waktu dan Frekuensi Pelaksanaan
Penentuan waktu dan frekuensi PPL ditentukan bersama guru pamong. Setiap minggu 4 jam pelajaran, masing-masing praktikan mendapatkan jatah untuk praktek dengan kelas yang berbeda-beda sesuai kesepakatan dengan guru pamong.

B.         Prinsip dan Kegiatan Ekstrakurikuler
1.    Tujuan
     Kegiatan yang berperan untuk meningkatkan dan menunjang potensi bakat dan minat siswa dalam mengembangkan wawasan intelektualnya. Adapun tujuan bagi penulis agar praktikan memperoleh pengalaman dan penghayatan secara langsung dari berbagai kegiatan ekstrakurikuler di lingkungan sekolah.
2.    Prinsip
     Dalam rangka mewujudkan visi dan misi sekolah yaitu dalam rangka menumbuhkan IPTEK dan IMTAQ maka kegiatan ekstrakurikuler menjadi wajib diikuti oleh semua siswa.
3.    Jenis Kegiatan
1.    Keagamaan
a.     Sholat jum'at berjamaah
b.    Baca Tulis Al Quran (BTQ)
c.     Pesantren Kilat Ramadhan
2.    Pramuka
a.     PBB, Latihan Persami
b.    Latihan TUB, Kemah Bakti
3.    OSIS
a.     Orientasi siswa baru
b.    Latihan keorganisasian, bakti sosial, lomba antar sekolah
4.    PHBI/PHBN
a.     Maulid Nabi Muhammad SAW
b.    Isra' Mi'raj
c.     Memperingati HUT RI
5.    PMR
a.     UKS
b.    Lomba Kesehatan Antar Sekolah
6.    Olah Raga
a.     Volley
b.    Sepak Bola
c.     Bulu tangkis
7.    Drum Band

C.         Partisipasi Dalam Pembinaan Siswa dan Permasalahan yang Dihadapi Dalam Pembinaan Siswa
Agar praktikan memperoleh pengalaman dan penghayatan langsung dan interaksi dengan siswa.
Kegiatan dan waktu pelaksanaan
Membantu guru BP mencarikan soluasi bagi siswa yang mempunyai permasalahn baik yang terkait dengan kesulitan belajar (terutama belajar Bahasa Inggris) maupun masalah-masalah yang lain. Kegiatan ini dilaksanakan diwaktu istirahat maupun pulang sekolah.

D.        Partisipasi Dalam Pengelolaan Kelas
Pengelolaan kelas memiliki hubungan timbal balik antara guru, siswa, sarana belajar mengajar pada proses pembelajaran di dalam kelas.
Adapun guru sebagai menejer kelas yang baik, menurut penguasaan keterampilan pengelolaan kelas yang efektif.
Dalam pengelolaan kelas penyusun berpendapat:
· Disiplin harus lebih ditingkatkan
· Siswa harus lebih diarahkan untuk selalu disiplin dalam waktu masuk, waktu belajar, waktu keluar, mengerjakan tugas rumah, dan dalam mengumpulkan tugas.
· Ketegasan dan kewibawaan dalam membina siswa di kelas maupun di luar kelas.
· Selalu menunjukkan sikap tanggap dan memberi perhatian dalam pengelolaan kelas.
BAB IV
KESIMPULAN

A.            Kesimpulan
Adapun kesimpulan yang diperoleh dari paparan diatas adalah :
1.      Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) II bagi mahasiswa jurusan Tarbiyah adalah salah satu upaya mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi seorang guru yang profesionla.
2.      Keberhasilan dalam proses belajar mengajar tergantung bagaimana seorang guru bisa menguasai materi dan menguasai kelas serta hal-hal yang menunjang pelaksanaan kegiatan belajar mengajar.
3.      Penyusunan bentuk-bentuk adminstrasi pendidikan merupakan hal yang perlu dilakukan oleh seorang guru.
4.      Dengan adanya berbagai bentuk kegiatan ekstarkurikuler yang terdapat di MTs Arifin Billah Karangsari itu memudahkan para praktikan dalam bersosialisasi dengan siswa.
5.      Kurikulum yang digunakan di MTs Arifin Billah Karangsari adalah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
B.            Saran-saran
1. Lembaga pelaksanaan harus lebih tegas dalam penentuan tempat dan waktu sehingga tidak menjadi problem.
2. Jadikan PPL II ini sebagai blueprint baik untuk lembaga pelaksanaan PPL II maupun praktikan dimasa yang akan datang.
3.  Kerjasaman yang sudah terjallin dengan baik dengan MTs Arifin Billah Karangsari semoga dapat dipertahankan dan dijadikan evaluasi bersama di masa yang akan datang.
4.  Harus ada koordinasi yang lebih intensif lagi antatra seluruh guru pamong dengan dosen pembimbing sehingga tidak terjadi misunderstanding yang merugikan semua pihak, tidak terkecuali mahasiswa praktikan juga.
5.  Praktikan merupakan orang yang sangat membutuhkan figur dosen pembimbing yang selalalu siap dikala dimintai waktu dan bantuan. Kehadiran seorang dosen pembimbing di tempat PPL merupakan hal yang sangat diharapkan karena hal itu merupakan bentuk kepedulian seorang pembimbing terhadap anak yang dibimbingnya.
6.  Ketegasan seorang pembimbing dalam menentukan dan memberikan nilai haruslah lebih objektif agar seorang praktikan mampu ditempatkan ditempat yang sudah ditentukan.
7.  Mencapai kesuksesan tidaklah mudah butuh waktu dan proses yang panjang, namun semua itu tidaklah menjadi suatu halangan dan rintangan kalau kita mau berusaha,sabar dan introfeksi apa yang sudah kita lakukan demi tercapainya sebuah kesuksesan.











LAMPIRAN-LAMPIRAN
DENAH MTs. ARIFIN BILLAH KARANGSARI WERU
Jl. Pontren Mukasyafah Arifin Billah 663


Ruang Perpustakaan OSIS
Kelas VIII A
Kantor Kepala Sekolah
Lab. Komputer


LAPANGAN UPACARA



Ruang TK/TPA
Kelas VIII B



WC






HALAMAN SEKOLAH





Kelas IX A
Kelas IX B
Ruang Guru
Kelas VII A
Kelas VII B





Tanah Milik Masyarakat







PENGURUS YAYASAN PENDIDIKAN ARIFIN BILLAH

        I.            Dewan Pembina           : Ir. Tryuni Sumartono
  Setia Nata
     II.            Pengurus Harian           :
Ketua I                         : Moh. Sobana (Alm)
Ketua II                       : Drs. Irsyad Rohani (Alm)
Ketua III                      : Drs. Sarma Hapipudin
Sekretaris I                   : Drs. H. Toto Subiakto
Sekretaris II                 : M. Syahri Arif, S. Ag.
Bendahara I                  : Moh. Kariba
Bendahara II                : Hj. Sholikah

Koordinator Bidang      :
1.      Koordinator Bidang Pendidikan                 : Drs. Suardi Karyono
  Drs. Wagimin Nurullah
2.      Koordinator Bidang Sarana dan
Prasarana                                                  : Drs. Djojo Sukarja
                                                                   Abdul Kamid
                                                                   Dasmin
                                                                   Sapar
3.      Koordinator Bidang Pendanaan                 : H. Tarsila
  Naswi
  Sawar
  Sarmin

Karangsari, 1 Desember 2006
Yayasan Pendidikan Arifin Billah
Ketua III,

Drs. Sarma Hapipidin

DATA PENERIMAAN SISWA BARU
MADRASAH TSANAWIYAH ARIFIN BILLAH KARANGSARI
NO
TAHUN AJARAN
PENDAFTAR

ASAL PENDAFTAR

DITERIMA

TIDAK DITERIMA

KET.
L
P
JML
MI

SD

L
P
JML
L
P
JML
L
P
JML
L
P
JML
1
1999/ 2000
28
44
72
2
10
12
26
34
60
28
44
72
 -
 -
 -

2
2000/ 2001
43
55
98
8
10
18
34
46
80
43
55
98
 -
 -
 -

3
2001/ 2002
29
35
64
0
1
1
28
35
63
29
35
64
 -
 -
 -

4
2002/ 2003
22
19
41
1
1
2
21
18
39
22
19
41
 -
 -
 -

5
2003/ 2004
22
34
56
5
4
9
17
30
47
22
34
56
 -
 -
 -

6
2004/ 2005
36
36
72
3
6
9
33
30
63
36
36
72
 -
 -
 -

7
2005/ 2006
41
35
76
7
6
13
34
29
63
41
35
76
 -
 -
 -

8
2006/ 2007
56
55
111
10
9
19
46
46
92
56
55
111
 -
 -
 -

9
2007/2008
58
59
117
4
11
15
56
48
104
58
59
117
 -
 -
 -

10
2008/2009
35
34
69
1
7
8
34
27
61
35
34
69
 -
 -
 -

11
2009/2010
40
40
80
2
7
9
38
33
71
40
40
80
 -
 -
 -

12
2010/2011
32
40
72
4
8
12
28
32
60
32
40
72
 -
 -
 -


DATA LULUSAN SISWA
MADRASAH TSANAWIYAH ARIFIN BILLAH KARANGSARI

NO
TAHUN AJARAN
PESERTA
LULUS
TIDAK LULUS
KET
( % )
L
P
JML
L
P
JML
L
P
JML
1
1999/ 2000
06
13
19
06
13
19
 -
 -
 -
100 %
2
2000/ 2001
16
16
32
16
16
32
 -
 -
 -
100 %
3
2001/ 2002
20
30
50
20
30
50
 -
 -
 -
100 %
4
2002/ 2003
27
35
62
27
35
62
 -
 -
 -
100 %
5
2003/ 2004
19
23
42
19
23
42
 -
 -
 -
100 %
6
2004/ 2005
19
18
37
19
18
37
 -
 -
 -
100 %
7
2005/ 2006
17
23
40
17
23
40
 -
 -
 -
100 %
8
2006/ 2007
30
33
63
30
33
63
 -
 -
 -
100 %
9
2007/ 2008
30
30
60
30
30
60
 -
 -
 -
100 %
10
2008/ 2009
32
43
75
32
43
75
 -
 -
 -
100 %
11
2009/2010
29
43
72
29
43
72
 -
 -
 -
100 %



BIODATA DIRI

Nama                    : ALI IMRON
NIM                      : 07460888
TTL                      : Brebes, 19 Agustus 1987
          Alamat Rumah      : Desa Kecipir RT 01/01 Kec. Losari
                                        Kab. Brebes Jawa Tengah
Fakultas                : Tarbiyah
Jurusan                  : Pendidikan IPA Biologi
Semester               : VII (Tujuh)
Perguruan Tinggi   : IAIN Syekh Nurjati Cirebon
Alamat                  : Jl. Perjuangan By Pass Sunyaragi Cirebon 45132




Tidak ada komentar:

Posting Komentar