BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) II, bagi mahasiswa Jurusan Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Cirebon, merupakan salah satu usaha mempersiapkan mahasiswa calon guru dalam menghadapi tugas profesinya kelak. Praktek mengajar walaupun intinya adalah mengajar, namun sesungguhnya merupakan bagian dari kurikulum IAIN Cirebon.
Dalam PPL inilah, para calon guru merasakan betapa banyak masalah yang harus dihadapi. Untuk menghadapi masalah tersebut, diperlukan integrasi antara ilmu yang dikuasai dengan pengalaman real di lapangan. Melalui PPL II, mereka dapat menghayati luasnya tugas yang mereka emban kelak, bagaimana implementasi ilmunya dalam situasi di sekolah yang dihadapi.
Dalam PPL inilah, para calon guru dilatih untuk menunjukan aktifitasnya dalam pengelolaan kelas, dengan guru pamong, dosen pembimbing dan kepala sekolah, Perpaduan antara ilmu, penghayatan dan pengalaman menjadi bekal yang sangat berguna untuk memberikan kompetensi dan profesionalisme seorang guru. Pengalaman yang diperoleh dari PPL II akan menjadi ukuran bagi profesinya yang berkesan sangat dalam. Pandangan tentang jabatan guru, perhitungan tentang kelas sukses atau tidaknya kelak menjadi guru, juga dipengaruhi pengalaman-pengalaman yang diperoleh terutama dari PPL II ini. Karena keadaan yang demikian itulah, para calon guru harus berlatih bekerja sebaik mungkin. Kesungguhan juga kesabaran setia kecintaan terhadap profesi guru dapat dipupuk melalui PPL II ini.
PPL II adalah salah satu kegiatan intrakurikuler yang dilaksanakan oleh mahasiswa, yang mencakup latihan mengajar, dan tugas-tugas kependidikan di luar mengajar serta bimbingan dan terpadu untuk memenuhi persyaratan pembentukan profesi kependidikan.
Dalam kurikulum dan silabus Jurusan Tarbiyah, disebutkan bahwa tujuan pembelajaran umum (TPU) PPL II adalah memberikan landasan pengetahuan, sikap, dan keterampilan dalam penyelenggaraan proses di sekolah.
Sedangkan Tujuan Pembelajaran Khusus (TPK) PPL II:
1. Mahasiswa dapat melaksanakan fungsi sebagai penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran sekolah.
2. Mahasiswa dapat melaksanakan tugasnya sebagai penyelenggaraan proses belajar mengajar di sekolah.
Secara singkat dapat dikemukakan bahwa TPK PPL II bermaksud memberikan pengenalan, penghayatan dan pengalaman sebagai penyelenggara atau pengelola pendidikan dan sebagai guru atau tenaga pendidik.
B. Rumusan Masalah
Bertitik tolak dari latar belakang di atas, timbul beberapa permasalahan sebagai berikut:
1) Bagaimana deskripsi dari keadaan lingkungan, personalia, kurikulum dan PBM, serta hal-hal lain yang terkait dengan MTs Arifin Billah Karangsari Weru.
2) Apakah rumusan tujuan dan kegiatan Mahasiswa PPL II di MTs Arifin Billah Karangsari Weru.
C. Langkah-langkah yang Ditempuh
1. Sumber Data
Data yang penyusun ambil dalam penyusunan laporan ini berdasarkan data sebagai berikut:
a. Sumber Data Primer, yaitu data yang diperoleh dari buku perpustakaan dan buku lainnya yang berhubungan dengan PPL ini.
b. Sumber Data Sekunder, yaitu sumber data yang diperoleh dari responden yang benar-benar mengetahui masalah PPL II, yaitu kepala sekolah, dosen pembimbing, guru pamong dan karyawan-karyawan MTs Arifin Billah Karangsari Weru.
2. Teknik Pengumpulan Data
a. Studi kepustakaan, yaitu pengumpulan data yang sifatnya teoritis yang diambil dari buku-buku atau dokumen yang berhubungan dengan PPL II ini.
b. Observasi, yaitu pengalaman secara langsung terhadap gejala-gejala yang ada di lokasi PPL II dengan menggunakan observasi yang telah ditentukan.
c. Wawancara, yaitu bertanya secara langsung kepada pihak-pihak yang mengetahui data yang dibutuhkan.
3. Teknik Deskripsi dan Analisis Data
a. Teknik Deskripsi
Teknik deskripsi dipergunakan untuk memperoleh data tentang kebenaran MTs Arifin Billah Karangsari Weru meliputi: lingkungan sekolah, personalia sekolah, kurikulum dan KBM, kegiatan ekstrakurikuler, sarana administrasi, BP, dewan sekolah, perpustakaan dan kesejahteraan pegawai.
b. Teknik Analisis Data
Dalam menganalisis data, penyusun menggunakan analisa logika, yang dipergunakan untuk mengolah data yang sifatnya kuantitatif, yaitu dalam bentuk uraian yang sistematis.
BAB II
DESKRIPSI HASIL OBSERVASI
A. IDENTITAS SEKOLAH
1. Nama Sekolah : MTs. Arifin Billah
2. Alamat Sekolah :
a. Jalan : Pontren Mukasyafah Arifin Billah 663
b. Desa : Karangsari
c. Kecamatan : Weru
d. Kabupaten : Cirebon
e. Propinsi : Jawa Barat
f. Nomor Telepon : -
g. Kode Pos : 45154
h. Status Sekolah : Swasta
i. Jenjang Akreditasi : C (cukup)
3. NSM : 21.2.32.11.13.043
4. Tahun Berdiri : 1991
5. Nama Kepala Sekolah : M. Syahri Arif, S.Ag
6. SK Kepala Se :
a. Nomor : Wi / 1/ Kp.07.6 / 1613 / 2001
b. Tanggal : 27 Juni 2001
7. Penyelenggara : Yayasan
8. Status Tanah : Milik Yayasan
9. Luas Tanah : 1395 m2
10. Rekening Bank : BANK JABAR
An. MTs. Arifin Billah
Nomor Rek. 0001486136100
B. VISI, MISI DAN TUJUAN SEKOLAH
1. VISI
Terwujudnya Madrasah yang berkualitas Islami.
2. MISI
a. Tercapainya nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) bagi semua mata pelajaran.
b. Mewujudkan prestasi siswa di bidang akademik dan non akademik.
c. Tercapainya kemampuan peserta didik dalam berbahasa Arab dan bahasa Inggris secara pasif.
d. Terciptanya disiplin dan situasi kondusif di lingkungan madrasah.
e. Memberikan pelayanan prima kepada peserta didik dan masyarakat.
f. Meningkatkan kesejahteraan guru dan staf TU di lingkungan madrasah
3. STRATEGI
a. Memenuhi kebutuhan minimal sarana dan prasarana belajar Madrasah.
b. Meningkatkan kerjasama dengan masyarakat
c. Peningkatan mutu dan kesejahteraan personil madrasah.
4. TUJUAN
Meningkatkan Kualitas Dalam Pembelajaran.
C. DATA GURU DAN SISWA
1. Jumlah Guru Pada Tahun Pelajaran 2010 / 2011
a. Guru Tetap Negeri ( GTN ) : 1 Orang
b. Guru BGK / GBS : 1 Orang
c. Guru Tetap Yayasan ( GTY ) : 5 Orang
d. Guru Tidak Tetap ( GTT ) : 12 Orang
e. Pegawai Tetap Yayasan ( PTY ) : 1 Orang
DATA GURU MTs. ARIFIN BILLAH
TAHUN PELAJARAN 2010/2011
NO | NAMA | NIP | L/P | PANGKAT | TEMPAT/TANGGAL LAHIR | PENDIDIKAN TERAKHIR | SERTIFIKASI | KET. | ||||
GOL. RUANG | TMT | PERGURUAN TINGGI | LULUS TAHUN | TINGKAT IJAZAH | LULUS/BELUM | TANGGAL LULUS | | |||||
1 | M. Syahri Arif, S. Ag | 195607121992031001 | L | IV/A | 20 Juli 1998 | Indramayu, 12 Juli 1956 | STAI CIREBON | 1995 | S1 | LULUS | 25 September 2007 | |
2 | Yoyo, S. Pd | | L | | 17 Juli 1994 | Cirebon, 12 Nopember 1970 | UT UPBJJ BANDUNG | 2008 | S1 | | | |
3 | Amir Imron | | L | | 17 Juli 1991 | Cirebon, 05 Juni 1968 | SMA PGRI PLUMBON | 1988 | SMA | | | |
4 | Nono Suyono | | L | | 17 Juli 1991 | Cirebon, 18 April 1969 | SMAN SUMBER | 1988 | SMA | | | |
5 | Tarinah | | P | | 12 Agustus 1996 | Indramayu, 04 September 1972 | MA FATAHILLAH | 1993 | MA | | | |
6 | Rohayati | | P | | 10 Oktober 1995 | Cirebon, 02 Agustus 1972 | UNSWAGATI | 1996 | S1 | LULUS | 5 Desember 2008 | |
7 | Yomiati, S. Pd | | P | | 19 Juli 1995 | Cirebon, 13 September 1973 | UNSWAGATI | 2001 | S1 | | | |
8 | Afidin, S. Pd. I | | L | | 16 Juli 2001 | Brebes, 20 Nopember 1975 | STAIN CIREBON | 2003 | S1 | | | |
9 | Cimi, Se | | P | | 21 Juli 2003 | Cirebon, 20 Oktober 1981 | UNIVERSITAS GUNADHARMA | 2003 | S1 | | | |
10 | Yayah Maghfiroh, S. Pd. I | | P | | 22 Juli 2003 | Cirebon, 21 April 1980 | UNITAS | 2004 | S1 | | | |
11 | Lika Permata R, S. Pd | | P | | 23 Juli 2003 | Majalengka, 09 September 1983 | UNSWAGATI | 2006 | S1 | | | |
12 | Fadhilah, S. Pd. I | | P | | 24 Juli 2003 | Cirebon, 25 Desember 1980 | STAIN CIREBON | 2005 | S1 | | | |
13 | Imam Zamakh S, S. Pd. I | | L | | 25 Juli 2003 | Cirebon, 31 Agustus 1982 | STAIN CIREBON | 2007 | S1 | | | |
14 | Ade Rosa Ginanjar | | L | | 01 Maret 2005 | Bandung, 17 Mei 1984 | SMK ISLAMIYAH WERU | 2002 | SMK | | | |
15 | Helmi, S. Pd. I | | L | | 16 Juli 2007 | Cirebon, 21 Desember 1985 | STAIN CIREBON | 2008 | S1 | | | |
16 | Drs. Agus Bayrawan MY. | | L | | 16 Juli 2007 | OKU, 29 Agustus 1967 | IAIT TRIBAKTI | 1992 | S1 | | | |
17 | Siti Qori’ah, S. Pd. I | | P | | 14 Juli 2008 | Cirebon, 07 Maret 1984 | STAIN CIREBON | 2008 | S1 | | | |
18 | Tajudin, S. Pd. I | | L | | 13 Juli 2009 | Cirebon, 01 Nopember 1978 | UNISSULA | 2003 | S1 | | | |
19 | Supriyanto, S. Pd | | L | | 13 Juli 2009 | Cirebon, 29 Agustus 1980 | UNIVERSITAS WIRALODRA | 2006 | S1 | | | |
20 | Drs. Nurhasan | | L | | 12 Juli 2010 | Cirebon, 07 Agustus 1997 | IAIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG | 1997 | S1 | | | |
21 | Dina Kadina | | L | | 12 Juli 2010 | Cirebon, 15 Juni 1980 | SMA ISLAMIYAH WERU | 1999 | SMA | | | |
2. Jumlah Siswa Pada Tahun Pelajaran 2010 / 2011
Kelas | Laki - laki | Perempuan | Jumlah Siswa | Jumlah Rombel |
VII | 27 | 39 | 66 | 2 |
VIII | 36 | 35 | 71 | 2 |
IX | 31 | 28 | 59 | 2 |
JUMLAH | 94 | 102 | 196 | 6 |
D. DATA FASILITAS SEKOLAH
NO | JENIS RUANGAN | JUMLAH RUANG | KONDISI |
1. | Ruang Kelas | 4 | Baik/ |
2. | Ruang Kelas | 2 | |
3. | Ruang Kepala | 1 | Baik/ |
4. | Ruang Guru | 1 | Baik/ |
5. | Ruang Perpustakaan | 1 | |
6. | Ruang Tata Usaha | 1 | |
7. | Ruang Laboratorium | 1 | |
8. | Ruang BP | 1 | |
9. | Masjid/ Musholah | 1 | Baik/ |
10. | Gudang | 0 | |
11. | Ruang OSIS | 1 | |
12. | Ruang PMR | 1 | |
E. STRUKTUR ORGANISASI
MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) ARIFIN BILLAH
TAHUN PELAJARAN 2010/2011
F. LINGKUNGAN SEKOLAH
1. Identitas Sekolah/ Madrasah
a. Nama Sekolah/ Madrasah : MTs. ARIFIN BILLAH
b. NSS/ NSM : 21.2.32.11.13.043
c. Jenjang Akreditasi : Terakreditasi C (Cukup)
d. Tahun didirikan : 1991
e. Alamat Sekolah/ Madrasah :
1) Jalan : Ponpes Mukasyafah Arifin Billah 663
2) Desa : Karangsari
3) Kecamatan : Weru
4) Kabupaten : Cirebon
f. Status Sekolah/ Madrasah : Negeri / Swasta
g. Waktu Belajar
1) Masuk : Jam 06.45 WIB
2) Keluar : Jam 12.40 WIB
3) Istirahat : Jam 09.40 – 10.00 WIB
2. Keadaan Bangunan dan Ruangan
a. Bangunan Gedung
1) Keadaan Bangunan : Permanen/ Semi Permanen/ Darurat
2) Lokasi : Strategis/ Tidak Strategis/ Ramai/ Tenang
3) Pemeliharaan : Baik/ Sedang/ Kurang
b. Keadaan Ruangan
1) Belajar : 6 Buah
2) Kantor : 2 Buah
3) Perpustakaan : 1 Buah
4) Laboratorium : 1 Buah
5) Olah Raga : 1 Buah
6) Kesenian : 1 Buah
7) Gudang : - Buah
8) Kantin : 1 Buah
9) Uranoir : 2 Buah
10) Penjaga : 1 Buah
11) Lain-lain : - Buah
c. Keadaan Lapangan
1) Upacara : 1 Buah
2) Olah Raga : 1 Buah
3) Bermain : 2 Buah
3. Kelengkapan Ruangan
Jenis Ruangan | Meja/ Kursi | Daftar | Statis | Grafik | Diagram | Lain-lain |
Kep.Sek/ Mad Kantor Guru Kelas Ruangan Lain-lain | V V V V - | V V V V - | V V V - - | V V V - - | V V V - - | |
G. PERSONALIA SEKOLAH
1. Nama Kepala Sekolah/ Madrasah : M. SYAHRI ARIF, S.Ag
2. Nama Wakil Kepala Sekolah/ Madrasah : YOYO, A.Md
3. Keadaan Guru
a. Jumlah Guru : 19 orang ( L + P)
1) Pendidikan : 19 orang ( L + P)
2) Sarjana (S1) : 19 orang ( L + P)
3) Diploma (D2) : 19 orang ( L + P)
4) SPG : 19 orang ( L + P)
5) SLTA : 19 orang ( L + P)
6) SLTP : 19 orang ( L + P)
4. Keadaan Pegawai :
a. Pegawai Administrasi : 19 orang ( L + P)
b. Pesuruh : 19 orang ( L + P)
c. Penjaga Sekolah : 19 orang ( L + P)
Jumlah : 19 orang ( L + P)
d. Pendidikan Tertinggi : 19 orang ( L + P)
e. Pendidikan Terendah : 19 orang ( L + P)
5. Keadaan Murid
Kelas I : 110 siswa (L : 52, P : 58)
Kelas II : 64 siswa (L : 22, P : 25)
Kelas III : 64 siswa (L : 29, P : 25)
Jumlah : 287siswa (L: 169, P: 118)
H. KURIKULUM DAN KBM
1. Kurikulum yang digunakan : Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) 2004
2. Buku pegangan murid : Buku Paket Penerbit Erlangga
Jenis Bidang Studi | Penerbit/ Pengarang |
a. Qur’an Hadits b. Fiqih c. Aqidah Akhlaq d. Sejarah Kebudayaan Islam e. Bahasa Arab f. Pendidikan Kewarganegaraan g. Bahasa dan Sastra Indonesia h. Bahasa Inggris i. Matematika j. IPA Fisika k. IPA Kimia l. IPA Biologi m. IPS Geografi n. IPS Ekonomi o. IPS Sejarah p. Seni dan Budaya q. Penjaskes r. Teknologi Informasi dan Komunikasi s. Mulok Praktek Ibadah | |
- Buku Pegangan Guru : Sama dengan buku siswa
- Alat peraga atau alat komunikasi yang ada
a. Agama : Mushaf Al Qur’an, Tafsir
Alqur’an dan Musholla
b. Olah raga : Bola Sepak, Raket dan lain-lain
c. Bahasa : Kamus Besar Bahasa Indonesia
d. Matematika : Bangun Datar
e. IPA : Patung
f. IPS : Globe dan Peta
- Struktur Program Kurikulum PAI, PBA, IPS, IPA-BIO, PBI, dan PMTK
a. Lama
Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) 2004
b. Baru
KTSP 2006
I. SARANA ADMINISTRASI PENDIDIKAN
Sarana pendidikan adalah sarana administrasi yang bisa terdapat pada suatu lembaga / sekolah. Adapun sarana yang terdapat pada sekolah tersebut antara lain:
Sarana Administrasi
No | Jenis Kelengkapan Sarana | Ada / Tidak | Ket. |
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. 11. 12. 13. 14. 15. 16. 17. 18. 19. 20. | Tata Tertib Sekolah Daftar Statistik Guru/Pegawai Daftar Statistik Murid Buku Induk Buku Rapor Murid Daftar Catatan Pribadi Murid Buku Persiapan Mengajar Buku Harian Kelas Buku Harian Sekolah Kartu Penerimaan SPP Buku Penerimaan SPP Buku Kas Sekolah Daftar Prosensi Murid Daftar Prosensi Guru/Pegawai Buku Agenda Buku Ekspedisi Buku Klaper Buku Notulen Rapat Buku Tamu Lain-lain | Ada Ada Ada Ada Ada Ada Ada Ada Ada Ada Ada Ada Ada Ada Ada Ada Ada Ada Ada Ada | |
J. BENTUK – BENTUK KEGIATAN EKSTRAKURIKULER
- Keagamaan
- Ceramah keagamaan
- Pengajian Al Qur’an
- Pesantren Kilat Setiap Ramadhan
- Pramuka
- Latihan setiap hari Jum’at
- Perkemahan Jambore
- OSIS
- Upacara Senin
- Orientasi Siswa Baru
- Peringatan Hari Besar Islam / Peringatan Hari Besar Nasional
- Maulid Nabi
- Isra Mi’raj
- Hari Kemerdekaan Republik Indonesia
- PMR
- Latihan Setiap Hari Jum’at
- Pengenalan Lingkungan Kesehatan di sekitar sekolah
- Piket Medis
- Paskibra
- Latihan setiap hari Jum’at
- Pengibaran Bendera tiap senin
- Drum Band
- Latihan setiap hari Sabtu dan Minggu
K. BIMBINGAN DAN PENYULUHAN
Struktur dan Penyuluhan:
Ada tiap kelas
Tugas dan Fungsi:
1. Membantu siswa untuk mengembangkan pemahaman diri dengan kecakapan, minat, pribadi, hasill belajar dan kesempatan yang ada.
2. Membantu siswa untuk mengembangkan motif – motif intrinsik dalam belajar sehingga tercapai kemajuan belajar.
3. Memberikan dorongan didalam pengarahan diri, pemecahan masalah, pengambilan keputusan dan keterlibatan diri dalam proses kegiatan pendidikan.
4. Membantu dalam membina hubungan baik antara siswa, orang tua, masyarakat, dan sekolah.
5. Membantu orang tua dalam memperoleh pengertian tentang masalah anak – anak mereka serta bantuan yang dapat diberikan.
Kegiatan:
1. Menyiapkan administrasi BP, data pribadi siswa dan orang tua, panggilan orang tua siswa, pedoman wawancara penyuluhan, home visit, sosiometri, grafik prestasi kelas, buku tamu, buku kunjungan tamu.
2. Mengumpulkan data siswa
3. Melaksanakan panggilan orang tua siswa
4. Melaksanakan kunjungan kelas
5. Konsultasi dengan ketua rumpun dan wali kelas
6. Membantu penerimaan siswa baru
7. Melaksanakan bimbingan kelompok dan penyuluhan
8. Melaksanakan home visit
9. Melakukan panggilan siswa
10. Membuat laporan kegiatan BP
Masalah dan Kendala
1. Siswa masih enggan berkonsultasi dengan guru BP, karena masih ada anggapan salah mengenai BP, yaitu bahwa identik dengan hukuman.
2. Masih belum ada kejujuran dari siswa untuk mengemukakan permasalahan secara menyeluruh.
L. BP - 3
Struktur Organisasi dan Personalia
| ||||
Tugas dan Fungsi
1. Membantu penyelenggaraan proses pendidikan
2. Mengatur kuangan BP – 3
3. Mengatur sirkulasi BP – 3
4. Mengatur sirkulasi keuangan sekolah
Kegiatan
1. Mengadakan rapat untuk menentukan dana sumbangan pendidikan siswa baru
2. Mengadakan rapat dengan orang tua siswa mengenai keuangan sekolah (SPP)
3. Mengadakan koordinasi antara kepala sekolah dengan orang tua siswa
4. Menyelesaikan administrasi BP – 3
5. Menerima dan menyimpan uang BP – 3
Masalah dan Kendala
1. Masih ada siswa yang terlambat membayar SPP
2. Sering ada atau terjadi pengeluaran yang tidak sesuai dengan anggaran
BAB III
PELAKSANAAN TUGAS PRAKTEK KEPENDIDIKAN
A. Praktek Mengajar
1. Tujuan
Supaya para praktikan memperoleh pengalaman dan kompetensi mengajar secara langsung dari kegiatan mengajar serta untuk membina berbagai pengalaman dan pengembangan teori-teori yang telah didapatkan dari kegiatan perkuliahan dan mengaplikasikannya dalam kegiatan belajar mengajar.
2. Jenis dan Urutan Kegiatan
a. Membuat jadwal praktek yang ditentukan pada awal masa praktek berdasarkan konsultasi praktikan dengan guru pamong dan dosen pembimbing
b. Membuat persiapan dan mengadakan persiapan mental setiap kali akan melaksanakan praktek
c. Mengadakan presensi siswa
d. Membuat dan menggunakan alat peraga
e. Menggunakan strategi / metode pengajaran yang tepat
f. Mengadakan evaluasi terhadap kegiatan dan hasil belajar
3. Aspek-aspek yang Diperhatikan Dalam Kegiatan dan Hasil Belajar
a. Mempelajari dan mengenal nama-nama siswa/i dikelas tempat mengajar
b. Mengenal dan memperhatikan siswa yang menonjol dalam kelas
c. Mengenal kondisi fisik siswa
d. Mengenal interaksi sosial (suka menggangu, membantah, bertanya, dll)
e. Mengetahui pencapaian hasil belajar siswa
4. Waktu dan Frekuensi Pelaksanaan
Penentuan waktu dan frekuensi PPL ditentukan bersama guru pamong. Setiap minggu 4 jam pelajaran, masing-masing praktikan mendapatkan jatah untuk praktek dengan kelas yang berbeda-beda sesuai kesepakatan dengan guru pamong.
B. Prinsip dan Kegiatan Ekstrakurikuler
1. Tujuan
Kegiatan yang berperan untuk meningkatkan dan menunjang potensi bakat dan minat siswa dalam mengembangkan wawasan intelektualnya. Adapun tujuan bagi penulis agar praktikan memperoleh pengalaman dan penghayatan secara langsung dari berbagai kegiatan ekstrakurikuler di lingkungan sekolah.
2. Prinsip
Dalam rangka mewujudkan visi dan misi sekolah yaitu dalam rangka menumbuhkan IPTEK dan IMTAQ maka kegiatan ekstrakurikuler menjadi wajib diikuti oleh semua siswa.
3. Jenis Kegiatan
1. Keagamaan
a. Sholat jum'at berjamaah
b. Baca Tulis Al Quran (BTQ)
c. Pesantren Kilat Ramadhan
2. Pramuka
a. PBB, Latihan Persami
b. Latihan TUB, Kemah Bakti
3. OSIS
a. Orientasi siswa baru
b. Latihan keorganisasian, bakti sosial, lomba antar sekolah
4. PHBI/PHBN
a. Maulid Nabi Muhammad SAW
b. Isra' Mi'raj
c. Memperingati HUT RI
5. PMR
a. UKS
b. Lomba Kesehatan Antar Sekolah
6. Olah Raga
a. Volley
b. Sepak Bola
c. Bulu tangkis
7. Drum Band
C. Partisipasi Dalam Pembinaan Siswa dan Permasalahan yang Dihadapi Dalam Pembinaan Siswa
Agar praktikan memperoleh pengalaman dan penghayatan langsung dan interaksi dengan siswa.
Kegiatan dan waktu pelaksanaan
Membantu guru BP mencarikan soluasi bagi siswa yang mempunyai permasalahn baik yang terkait dengan kesulitan belajar (terutama belajar Bahasa Inggris) maupun masalah-masalah yang lain. Kegiatan ini dilaksanakan diwaktu istirahat maupun pulang sekolah.
D. Partisipasi Dalam Pengelolaan Kelas
Pengelolaan kelas memiliki hubungan timbal balik antara guru, siswa, sarana belajar mengajar pada proses pembelajaran di dalam kelas.
Adapun guru sebagai menejer kelas yang baik, menurut penguasaan keterampilan pengelolaan kelas yang efektif.
Dalam pengelolaan kelas penyusun berpendapat:
· Disiplin harus lebih ditingkatkan
· Siswa harus lebih diarahkan untuk selalu disiplin dalam waktu masuk, waktu belajar, waktu keluar, mengerjakan tugas rumah, dan dalam mengumpulkan tugas.
· Ketegasan dan kewibawaan dalam membina siswa di kelas maupun di luar kelas.
· Selalu menunjukkan sikap tanggap dan memberi perhatian dalam pengelolaan kelas.
BAB IV
KESIMPULAN
A. Kesimpulan
Adapun kesimpulan yang diperoleh dari paparan diatas adalah :
1. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) II bagi mahasiswa jurusan Tarbiyah adalah salah satu upaya mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi seorang guru yang profesionla.
2. Keberhasilan dalam proses belajar mengajar tergantung bagaimana seorang guru bisa menguasai materi dan menguasai kelas serta hal-hal yang menunjang pelaksanaan kegiatan belajar mengajar.
3. Penyusunan bentuk-bentuk adminstrasi pendidikan merupakan hal yang perlu dilakukan oleh seorang guru.
4. Dengan adanya berbagai bentuk kegiatan ekstarkurikuler yang terdapat di MTs Arifin Billah Karangsari itu memudahkan para praktikan dalam bersosialisasi dengan siswa.
5. Kurikulum yang digunakan di MTs Arifin Billah Karangsari adalah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
B. Saran-saran
1. Lembaga pelaksanaan harus lebih tegas dalam penentuan tempat dan waktu sehingga tidak menjadi problem.
2. Jadikan PPL II ini sebagai blueprint baik untuk lembaga pelaksanaan PPL II maupun praktikan dimasa yang akan datang.
3. Kerjasaman yang sudah terjallin dengan baik dengan MTs Arifin Billah Karangsari semoga dapat dipertahankan dan dijadikan evaluasi bersama di masa yang akan datang.
4. Harus ada koordinasi yang lebih intensif lagi antatra seluruh guru pamong dengan dosen pembimbing sehingga tidak terjadi misunderstanding yang merugikan semua pihak, tidak terkecuali mahasiswa praktikan juga.
5. Praktikan merupakan orang yang sangat membutuhkan figur dosen pembimbing yang selalalu siap dikala dimintai waktu dan bantuan. Kehadiran seorang dosen pembimbing di tempat PPL merupakan hal yang sangat diharapkan karena hal itu merupakan bentuk kepedulian seorang pembimbing terhadap anak yang dibimbingnya.
6. Ketegasan seorang pembimbing dalam menentukan dan memberikan nilai haruslah lebih objektif agar seorang praktikan mampu ditempatkan ditempat yang sudah ditentukan.
7. Mencapai kesuksesan tidaklah mudah butuh waktu dan proses yang panjang, namun semua itu tidaklah menjadi suatu halangan dan rintangan kalau kita mau berusaha,sabar dan introfeksi apa yang sudah kita lakukan demi tercapainya sebuah kesuksesan.
LAMPIRAN-LAMPIRAN
DENAH MTs. ARIFIN BILLAH KARANGSARI WERU
Jl. Pontren Mukasyafah Arifin Billah 663 |
Ruang Perpustakaan OSIS |
Kelas VIII A |
Kantor Kepala Sekolah |
Lab. Komputer |
LAPANGAN UPACARA |
Ruang TK/TPA | Kelas VIII B |
WC |
HALAMAN SEKOLAH |
Kelas IX A |
Kelas IX B |
Ruang Guru |
Kelas VII A |
Kelas VII B |
Tanah Milik Masyarakat |
PENGURUS YAYASAN PENDIDIKAN ARIFIN BILLAH
I. Dewan Pembina : Ir. Tryuni Sumartono
Setia Nata
II. Pengurus Harian :
Ketua I : Moh. Sobana (Alm)
Ketua II : Drs. Irsyad Rohani (Alm)
Ketua III : Drs. Sarma Hapipudin
Sekretaris I : Drs. H. Toto Subiakto
Sekretaris II : M. Syahri Arif, S. Ag.
Bendahara I : Moh. Kariba
Bendahara II : Hj. Sholikah
Koordinator Bidang :
1. Koordinator Bidang Pendidikan : Drs. Suardi Karyono
Drs. Wagimin Nurullah
2. Koordinator Bidang Sarana dan
Prasarana : Drs. Djojo Sukarja
Abdul Kamid
Dasmin
Sapar
3. Koordinator Bidang Pendanaan : H. Tarsila
Naswi
Sawar
Sarmin
Karangsari, 1 Desember 2006
Yayasan Pendidikan Arifin Billah
Ketua III,
Drs. Sarma Hapipidin
DATA PENERIMAAN SISWA BARU
MADRASAH TSANAWIYAH ARIFIN BILLAH KARANGSARI
NO | TAHUN AJARAN | PENDAFTAR | ASAL PENDAFTAR | DITERIMA | TIDAK DITERIMA | KET. | |||||||||||
L | P | JML | MI | SD | L | P | JML | L | P | JML | |||||||
L | P | JML | L | P | JML | ||||||||||||
1 | 1999/ 2000 | 28 | 44 | 72 | 2 | 10 | 12 | 26 | 34 | 60 | 28 | 44 | 72 | - | - | - | |
2 | 2000/ 2001 | 43 | 55 | 98 | 8 | 10 | 18 | 34 | 46 | 80 | 43 | 55 | 98 | - | - | - | |
3 | 2001/ 2002 | 29 | 35 | 64 | 0 | 1 | 1 | 28 | 35 | 63 | 29 | 35 | 64 | - | - | - | |
4 | 2002/ 2003 | 22 | 19 | 41 | 1 | 1 | 2 | 21 | 18 | 39 | 22 | 19 | 41 | - | - | - | |
5 | 2003/ 2004 | 22 | 34 | 56 | 5 | 4 | 9 | 17 | 30 | 47 | 22 | 34 | 56 | - | - | - | |
6 | 2004/ 2005 | 36 | 36 | 72 | 3 | 6 | 9 | 33 | 30 | 63 | 36 | 36 | 72 | - | - | - | |
7 | 2005/ 2006 | 41 | 35 | 76 | 7 | 6 | 13 | 34 | 29 | 63 | 41 | 35 | 76 | - | - | - | |
8 | 2006/ 2007 | 56 | 55 | 111 | 10 | 9 | 19 | 46 | 46 | 92 | 56 | 55 | 111 | - | - | - | |
9 | 2007/2008 | 58 | 59 | 117 | 4 | 11 | 15 | 56 | 48 | 104 | 58 | 59 | 117 | - | - | - | |
10 | 2008/2009 | 35 | 34 | 69 | 1 | 7 | 8 | 34 | 27 | 61 | 35 | 34 | 69 | - | - | - | |
11 | 2009/2010 | 40 | 40 | 80 | 2 | 7 | 9 | 38 | 33 | 71 | 40 | 40 | 80 | - | - | - | |
12 | 2010/2011 | 32 | 40 | 72 | 4 | 8 | 12 | 28 | 32 | 60 | 32 | 40 | 72 | - | - | - | |
DATA LULUSAN SISWA
MADRASAH TSANAWIYAH ARIFIN BILLAH KARANGSARI
NO | TAHUN AJARAN | PESERTA | LULUS | TIDAK LULUS | KET ( % ) | ||||||
L | P | JML | L | P | JML | L | P | JML | |||
1 | 1999/ 2000 | 06 | 13 | 19 | 06 | 13 | 19 | - | - | - | 100 % |
2 | 2000/ 2001 | 16 | 16 | 32 | 16 | 16 | 32 | - | - | - | 100 % |
3 | 2001/ 2002 | 20 | 30 | 50 | 20 | 30 | 50 | - | - | - | 100 % |
4 | 2002/ 2003 | 27 | 35 | 62 | 27 | 35 | 62 | - | - | - | 100 % |
5 | 2003/ 2004 | 19 | 23 | 42 | 19 | 23 | 42 | - | - | - | 100 % |
6 | 2004/ 2005 | 19 | 18 | 37 | 19 | 18 | 37 | - | - | - | 100 % |
7 | 2005/ 2006 | 17 | 23 | 40 | 17 | 23 | 40 | - | - | - | 100 % |
8 | 2006/ 2007 | 30 | 33 | 63 | 30 | 33 | 63 | - | - | - | 100 % |
9 | 2007/ 2008 | 30 | 30 | 60 | 30 | 30 | 60 | - | - | - | 100 % |
10 | 2008/ 2009 | 32 | 43 | 75 | 32 | 43 | 75 | - | - | - | 100 % |
11 | 2009/2010 | 29 | 43 | 72 | 29 | 43 | 72 | - | - | - | 100 % |
BIODATA DIRI
Nama : ALI IMRON
NIM : 07460888
TTL : Brebes, 19 Agustus 1987
Alamat Rumah : Desa Kecipir RT 01/01 Kec. Losari
Kab. Brebes Jawa Tengah
Fakultas : Tarbiyah
Jurusan : Pendidikan IPA Biologi
Semester : VII (Tujuh)
Perguruan Tinggi : IAIN Syekh Nurjati Cirebon
Alamat : Jl. Perjuangan By Pass Sunyaragi Cirebon 45132
Tidak ada komentar:
Posting Komentar